Tuntaslah salah satu perjuanganku

Sudah hampir dua bulan saya tidak menulis diblog yang mungil ini.karena kurun dalam waktu yang tidak singkat itu merupakan waktu yang sangat-sangat megesankan bagiku yang baru mengenal situs blogger ini dan mulai Sekarang saya mulai kembali untuk menulis, bayak yang dapat saya temukan selama dua bulan itu dan insya Allah saya akan berbagi pengalaman yang berkesan ini. Selamat menikmati yaaa…….

Ketika saya baru memehami sedikit tentang blog, saya mencoba untuk membuatnya dengan cara sedikit bertanya dengan teman-teman yang sering pergi ke warnet. akan tetapi informasi tentang “gimana cara membuatnya tidak di dapatkan juga”, sedikit nekat dan pergi dengan sendiri untuk membuat blog, agar tidak dibilangin katrok ma teman-teman sendiri….. he..he.. alhasillll…… maka, jadi deh……! sebuah blog yang berjudul mars-perjuangan ini. namun, beberapa bulan kemudian saya jenuh dengan apa yang telah saya buat ini sehingga timbul rasa bosan katika saya melihat blog saya sendiri. pada saat yang bersamaan pula salah seorang dosen (ga’ usah di sebutin namanya yaaa) saya menegur saya dan kalau katemu sama saya beliau bertanya” kenapa blognya ga’ pernah diisi lagi? Pada saat itu, saya hanya senyum-senyum saja sambil menyimpan rasa malu he…he… , selama saya berhenti menulis saya mencoba untuk mencari informasi bagaimana mengubah template dan animasi-animasi lainnya mengenai blog yang ada tampa mengubah isi dari blog itu sendiri. Selama hampir dua bulan saya mencari informasi itu dengan cara bertanya dengan orang-orang yang saya anggap berpengalaman tentang blog, akan tetapi mereka menjelaskannya sedikit membinggungkan (maklumlah beginner dong) akan tetapi saya tidak putus asa. Saya coba untuk mempraktekkan apa yang saya dapatkan dari teman-teman alhasilll….. Saya menjadi bingung bahkan super binggung karena melihat realita! dengan yang di jelaskan sedikit berbeda.

<
Pada akhinya saya pinjam buku tentang blogspot yang diterbitkan oleh mediakom, saya lahap sampai tuntas itu buku. Akan tetapi buku yang saya baca itu belum cukup untuk menjelaskan tentang keinginan saya, buku itu mengupas tentang garis-garis besarnya saja sehingga yang dibutuhkan belum juga tercapai.

Pada saat itu juga (waktu dua bulan itu) saya hamper putus asa dan berkeinginan untuk meninggalkan dunia blog, salama dua minggu terakhir saya tidak memikirkannya lagi karena apa yang saya inginkan belum juga tercapai,………….. setelah dua minggu belalu dan masuk minggu berikutnya bertepatan pada tanggal 25 May 2009 saya berniat untuk browsing dan tidak berkeinginan untuk ngblog hanya untuk mencari reprensi makalah saja. Setalah satu jam berlalu di warnet iru saya binggung apa yang mau saya buka lagi dan saya coba meguilkan jari saya untuk mengetik tulisan yang bernama BLOGGER.COM dan saya coba kembali untuk mengedit tamplate yang ada di HTML blog, saya mencoba untuk mencari template yang ada diblog yang lainnya. Sehingga pada akhirnya saya temukan template yang menarik bagi saya(butterfly template) setelah saya otak-atik(Allah menampakan kekuasaannya) sehingga muncul kode HTMLnya, pada saat itu juga saya tertegung dan bertanya dalam diri “ kok bias yaa muncul kodenya” seambil mengucapkan lafaz Al-hamdulilah saya ulangi berkali-kali ternyata bias lagi, hinnga saya memutuskan untuk kembali menulis dib log.

Dengan tampilan blog saya yang sekarang ini, rasanya makin berkesan deh…! untuk kembali ngeblok dan ga’ enak rasanya kalau gak diisi blog yang satu ini, insya Allah melalui blog ini juga saya akan berbagi cerita dan juga cara untuk mengedit blog, mulai dari template hingga yang lainnya.

Mau tau kan gimana cara mengubah template yang mudah dan praktis? Ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. katik alamat berikut http://blogger-templates.blogspot.com pada address bar browser anda, nanti di sana banyak pilihan yang mana sedikit binggung bagi yang baru melihat . tampilannya kira-kira seperti ini:

Browse template:

XML

HTML(tempale classik)

Dark, light, blue,movies

Paper, stretch

maka yang di pilih adalah XML

  1. setelah nampak beberapa tamplate disana, anda di perkenankan untuk memilih template yang anda senangi.
  2. untuk mengundah template yang anda sukai itu maka langkah selanjutnya download template yang anda sukai itu dengan cara download XML kemudian pilih save link as (untuk Firefok) dan klik save target as (untuk internet explort).
  3. setelah anda simpan download-tannya di dish atau di tempat yang lainnya, maka langkah selanjutnya adalah anda di haruskan membuka atau logging ke blog anda kemudian masuk pada akun dashboard anda- pilih menu tata letak.
  4. setelah musuk ke tata letak anda di harapkan untuk memilih edit HTML
  5. kemudian pilih browse dan masukan kode HTML yang telah anda download tadi- kalau sudah di lakukan maka kelik lagi save(simpan) kemudian lihat blog anda.

Jikalau anda menginginkan animasi lainnya atau mempercantik blog anda yang disediakan oleh situs blogger.com(blogspot.com), Insya Allah akan saya tampilakan di kemudian hari…….tapi Ga’ janji loe!

Semoga dengan cara di atas anda akan menemukan keinginan anda dan bermamfaat bagi yang lainnya. Semoga Anda Sukses dengan cara di atas.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar:

  1. alhamdulillah.......ternyata kamu bisa Ed....Semoga apa yang kamu dapatkan bisa juga ku dapatkan ..Amiiin...

    BalasHapus

jang puas dengan apa yang ada di blog ini, berikan komentar anda?